Uncategorized

Jika Sudah Terinfeksi, Inilah Cara Mengobati Flu Burung yang Efektif

Jika terkena infeksi virus, Anda harus cepat menanganinya agar tak semakin menyebar atau semakin parah. Sama halnya ketika sudah terlanjur terinfeksi virus H5N1 atau disebut juga avian influenza. Bahkan, terdapat turunan dari virus tersebut yang sama-sama berpotensi menularkan gejala kompleks. Pengobatan medis dan pola hidup sehat harus dijalankan sebagai cara mengobati flu burung secara efektif. Berikut ini adalah rangkaian cara pengobatan yang harus dijalani agar infeksi virus cepat dihilangkan dan tubuh kembali sehat seperti sedia kala.

  1. Pemberian Obat Antivirus

Pengobatan terhadap penderita flu burung memang harus segera dilakukan sebelum infeksinya semakin parah dan menyebar. Mengingat gejalanya yang kompleks, diharapkan tindakan pengobatan jangan ditunda lagi.

Agar cepat tanggap terhadap pengobatan ini, setiap orang harus memahami gejalanya. Beberapa gejalanya adalah flu, pusing, demam, mimisan, radang tenggorokan, mual, sampai nyeri. Dalam kondisi tertentu, penderita juga bisa mengalami sesak napas. Untuk meredakan semua gejala tersebut, dokter memberikan obat antivirus. Dilansir dari doktersehat.com, dokter memberikan oseltamivir dalam waktu 48 jam setelah munculnya gejala. Obat lain juga diberikan sesuai kondisi pasien.

  • Mengonsumsi Obat Pereda Flu atau Demam Sesuai Resep

Mengobati flu burung memang harus disesuaikan dengan kondisi penderita agar efektif. Selain obat antivirus, pemberian obat pereda flu ataupun demam sangat dibutuhkan. Obat tersebut akan meredakan gejala influenza yang menyertai. Tubuh yang lemah akibat gejala tersebut juga bisa kembali lebih kuat. Dalam mengonsumsi obat tersebut, sebaiknya Anda mengonsumsinya sesuai resep dengan memeriksakan diri ke dokter. Jangan mengonsumsi obat tanpa anjuran dokter karena kasus ini bukan flu biasa.

  • Istirahat Total di Rumah atau di Rumah Sakit

Penderita flu burung harus beristirahat total jika ingin segera sembuh. Dalam kondisi yang parah, penderita harus benar-benar istirahat total dari semua aktivitas dan memperbanyak istirahat untuk mengembalikan sistem imun. Infeksi virus juga akan mereda saat sistem imun kembali normal.

Proses istirahat total tersebut bisa dilakukan di rumah atau di rumah sakit jika memang dibutuhkan rawat inap untuk kondisi yang parah. Mengobati flu burung sangat efektif dengan istirahat total. Jika masih memungkinkan, Anda bisa beraktivitas di rumah seperti biasa, namun jangan pergi keluar rumah agar tidak terpapar polusi atau virus lainnya.

  • Mengonsumsi Banyak Cairan
Image result for memenuhi cairan tubuh

Mengonsumsi banyak cairan juga menjadi sebuah cara mengobati flu burung. Anda harus memenuhi jumlah cairan tubuh yang hilang akibat gejala flu burung. Lebih dari itu, peningkatan sistem imun juga sangat efektif dengan memenuhi jumlah cairan tubuh agar sistem metabolisme berjalan lancar.

  • Mengonsumsi Makanan Sehat Bernutrisi

Makanan yang sehat dan kaya nutrisi juga harus diutamakan. Para penderita harus mau mengonsumsi makanan sehat, meskipun sebenarnya nafsu makannya hilang akibat merasakan berbagai gejala yang mengganggu. Olahan makanan yang segar dan sehat bisa cepat menyembuhkan infeksi virus H5N1 ini.

  • Pengobatan Medis Lanjutan untuk Penderita Komplikasi
Related image

Cara mengobati flu burung memang harus intensif. Pemeriksaan medis yang akurat sangat membantu mengindentifikasi sejauh mana infeksi virus yang dialami penderita. Selain itu, bahaya komplikasi yang menyerang penderita juga harus diantisipasi.

Pemeriksaan lanjutan pada penderita yang mengalami infeksi parah harus dilakukan untuk mengetahui kemungkinan komplikasi. Jika memang benar mengalami komplikasi, tindakan pengobatan sesuai penyakit yang diderita harus segera dilakukan, misalnya pengobatan karena komplikasi pneumonia, infeksi paru-paru, dan sebagainya.

Berbagai cara di atas sangat diperlukan untuk mengobati flu burung. Setelah timbul gejalanya berupa flu, radang tenggorokan, demam, pusing, tubuh lemah, dan terasa nyeri di tubuh, segeralah periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan pemeriksaan dan penanganan medis secepatnya. Dengan demikian, penyebaran virus dapat dicegah dan kondisi tubuh semakin membaik untuk kembali normal.

Sumber artikel:

doktersehat.com

www.honestdocs.id

www.halodoc.com

Sumber gambar:

hellosehat.com

www.cardioped.org

www.rsbudikemuliaan.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close